Kejati Maluku Utara Periksa Bendahara Dinas PUPR Halmahera Barat

redaksiindonesiatimur_redaksi | March 17, 2022 | 0 | Hukum

TERNATE, OT – Bendahara Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Idham Iscaya diperiksa penyelidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Utara,  Selasa (15/4/2022).

Idham dimintai keterangan penyidik Bidang Pidana Khusus (Pidsus) dalam kasus dugaan korupsi penggunaan anggaran Pemda Halmahera Barat senilai Rp 159,5 miliar tahun anggaran 2018.

Usai dimintai klarifikasi, Idham mengatakan, kedatangannya di kantor Kejati Malut untuk dimintai klarifikasi soal data penggunaan dana pinjaman Pemkab Halbar di Bank Maluku-Malut senilai Rp 159,5 miliar.

Pinjaman ini, kata dia, untuk percepatan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di Halbar pada tahun 2018 lalu.

“Jadi tadi saya diminta klarifikasi oleh penyidik Kejati Malut untuk melengkapi berkas penyelidikan,” jelasnya.

Menurutnya, data yang disampaikan adalah data-data soal penggunaan pinjaman Pemda Halmahera Barat pada masa pemerintahan Bupati Danny Missy dan Wakil Bupati Ahmad Zakir Mando di Bank Maluku-Malut senilai Rp 159,5 miliar.

Meski begitu, Idham enggan menyampaikan besaran pinjaman yang pasti di Bank Maluku-Malut.

“Punya kita di Dinas PUPR sekitar Rp 159 miliar lebih. Yang pastinya besok masih ada yang diperiksa berkaitan dengan hal tersebut,” ungkapnya kepada wartawan, Selasa (15/3/2022).

Ia menambahkan, ada 13 paket kegiatan yang bersumber dari anggaran pinjaman ke Bank Maluku-Malut ini. Hanya saja anggaran per item, paket pekerjaan tidak bisa dijelaskan lebih rinci.

“Lebih jelas harus kita lihat datanya,” katanya.

Sementara Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Malut M Irwan ketika dikonfirmasi terkait pemeriksaan membenarkan, menurutnya, bendahara dinas PUPR Halbar dimintai klarifikasi.

“Iya, ada bendahara PUPR dimintai klarifikasi soal dana pinjaman Halbar,” singkatnya.

Sumber: IndoTimur

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments

    Archives

    Categories