Manfaat Nikel dalam Kehidupan Sehari-hari, Seberapa Penting?

redaksiindonesiatimur_redaksi | June 12, 2020 | 0 | Pendidikan , Pertambangan

Manfaat nikel dalam kehidupan sehari-hari dipengaruhi oleh strukturnya yang keras, namun mudah ditempa dan ulet. Nikel sendiri berasal dari sisa-sisa tumbuhan ataupun makhluk hidup yang terkubur di dalam tanah selama jutaan tahun. Nikel merupakan bagian hasil pertambangan dalam kategori logam. 

Nikel yang memiliki warna keperakan ini mulanya dianggap sebagai logam pengotor pada tembaga. Kemudian pada akhirnya menjadi satu logam tersendiri yang memiliki nilai tinggi, setelah adanya penelitian yang menyimpulkan nikel dapat ditemukan dalam meteorit.

Manfaat nikel dalam kehidupan sehari-hari memiliki peranan yang sangat penting bagi manusia. Walaupun tidak seterkenal minyak bumi, batu bara dan bijih besi sebagai hasil tambang, nikel yang bisa ditambang di Indonesia ini memiliki berbagai manfaat untuk kehidupan manusia.

Melihat fakta tersebut, apa sebenarnya yang diincar dari nikel? Mari lihat kegunaan nikel sebagai berikut.

1. Pembuatan Stainless Steel

Stainless steel merupakan campuran dari nikel-krom. Stainless steel ini sering ditemui pada perabotan sehari-sehari yang tidak mudah berkarat seperti sendok, garpu, kran air, shower, dan lain sebagainya.

2. Campuran Besi Baja

Besi baja yang memiliki campuran nikel memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan besi baja yang dicampur dengan alumunium. Selain itu besi baja campuran nikel juga tidak mudah berkarat seperti rel kereta api, jembatan, dan lain sebagainya.

3. Koin

Mata uang suatu Negara memiliki 2 jenis yaitu dalam bentuk kertas dan bentuk koin. Mata uang yang memiliki bentuk koin dibuat dengan menggunakan bahan dasar yang dicampur dengan unsur nikel.

4. Industri Otomotif

Nikel dan Krom biasanya digunakan dunia otomotif seperti Velg, Rangka, Bumper, Knalpot, Handle Rem, baling-baling kapal dan lain sebagainya.

5. Industri Baterai

Nikel juga naik daun dikarenakan nikel merupakan salah satu bahan baku pembuatan industri baterai yang bisa digunakan untuk kendaraan listrik. Nikel menawarkan energy density yang lebih tinggi serta storage capacity yang lebih besar dengan ongkos lebih murah.

6. Pelapis Kaleng Pada Industri makanan

Unsur nikel sangat baik digunakan sebagai campuran atau pelapis anti karat. Logam yang dilapisi unsur nikel tidak cepat rusak karena sifatnya yang anti karat. Nikel sering digunakan sebagai pelapis kaleng pada industri makanan.

7. Elektroplating

Elektroplating adalah pelapisan logam dengan memanfaatkan arus listrik dan larutan elektrolit. Pelapisan menggunakan nikel dikenal dengan istilah nickel plating. Nikel sering dipilih karena memiliki daya gesek rendah dan tidak mengganggu sifat elektromagnetik.

Mengingat banyaknya manfaat nikel. Wajar saja, nikel menjadi buah bibir dan membuat dunia panik ketika pasokannya berkurang. Nikel memiliki posisi penting bagi sejumlah industri mulai dari peralatan rumah tangga hingga mobil listrik membutuhkan nikel.

Ini juga yang membuat pemerintah siapkan skema menggenjot hilirisasi nikel. Seperti yang diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan salah satu industri yang menjadi fokus pemerintah adalah pengembangan baterai lithium menggunakan raw mineral Indonesia yang kaya akan nikel dan kobalt sebagai dua bahan utama baterai EV.

Pemerintah Indonesia menyiapkan 89 Proyek Strategis Nasional (PSN) baru senilai Rp1,422 triliun (US $ 94,8 miliar) sepanjang tahun 2020 – 2024, kata menteri senior pada Jumat (29/5). Diantaranya, adalah proyek drone yang akan dikembangkan oleh perusahaan negara, jembatan, bandara, zona industri, irigasi, bendungan, tanggul laut, sawah, proyek biofuel dan garam.

Tahun lalu, pemerintah melaporkan 88 persen NSP telah melewati tahap persiapan, termasuk program listrik 35.000 megawatt dan Program Kebijakan Ekuitas Ekonomi. Menteri Koordinator Bidang Kelautan dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, berharap Komite Percepatan Prioritas Pembangunan Infrastruktur (KPPIP) dapat mempercepat pengembangan proyek bahkan ada tekanan dari pandemi.

Usulan pertama adalah Kawasan Industri Pulau Obi yang dijalankan oleh Harita Group, tambahnya. Proyek smelter saat ini sedang dalam tahap 2, dimana pada fase 1 proyek smelter telah beroperasi sejak 2016.

Pemerintah menilai Indonesia memiliki cadangan mineral sebagai bahan baku industri yang cukup banyak jika dibanding negara-negara Asia seperti Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

Sumber: Liputan 6

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Recent Comments

    Archives

    Categories