Kapolda Malut tinjau pembangunan hilirisasi nikel di pulau Obi

redaksiindonesiatimur_redaksi | October 3, 2020 | 0 | Pertambangan

Kapolda Maluku Utara (Malut),  Irjen Pol Rikwanto meninjau perkembangan hilirisasi nikel melalui pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian nikel di Pulau Obi, Halmahera Selatan (Halsel),  terutama bahan baku baterai mobil listrik Harita Nickel.

“Kunjungan ini bertujuan mengetahui perkembangan terkini pabrik bahan baku baterai mobil listrik yang dikembangkan oleh Harita Nickel,” katanya,  di Obi, Rabu. 

Kapolda dalam kunjungan kerja ini menyampaikan apresiasinya kepada perusahaan. Perusahaan dinilainya serius mendukung program pemerintah dalam upaya meningkatkan nilai tambah sumber daya alam dalam negeri. 

“Kami sangat mengapresiasi upaya hilirisasi nikel yang telah dilakukan Harita Nickel, terutama dalam mengembangkan pengolahan dan pemurnian nikel yang dapat dijadikan sebagai bahan baku baterai kendaraan listrik. Hal ini selain meningkatkan nilai sumber daya alam juga mendukung program lingkungan nantinya,” katanya.

Kapolda juga menyampaikan kehadiran industri bahan baku baterai kendaraan listrik ini merupakan kebanggaan bagi Provinsi Malut. Industri ini nantinya menjadi yang pertama di Indonesia. Oleh karena itu, dia berharap agar upaya pembangunan ini dapat berjalan dengan baik.

“Kami sangat mendukung perusahaan yang serius berinvestasi di Malut. Kehadiran perusahaan akan membawa banyak sekali dampak positif, khususnya bagi masyarakat lingkar tambang dan lingkungan. Selain itu, investasi ini juga memberi kontribusi bagi negara, baik pusat maupun daerah. Semua pemangku kepentingan diharapkan dapat mendukung cita-cita bersama ini dan menjadikan Malut sebagai daerah yang aman dan nyaman untuk investasi dengan terpenting, semua harus sesuai dengan aturan,” tandas Kapolda.

Sedangkan, Direktur Utama Trimegah Bangun Persada Donald Hermanus yang mewakili Harita Nickel menyatakan, dukungan dari berbagai pihak menjadi penyemangat bagi perusahaan untuk  berkontribusi kepada bangsa dan negara.

“Kami memiliki cita-cita, kehadiran di Malut dapat memberikan manfaat optimal bagi semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat dan lingkungan. Kami sebagai bagian dari Malut akan bergandengan tangan membangun daerah ini,” katanya.

Kapolda beserta jajarannya menyempatkan diri mengelilingi kawasan operasional Harita Nickel. Rombongan melihat aktivitas operasional peleburan nikel (smelter) yang telah beroperasi sejak 2016. 
Kapolda meninjau perkembangan pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian (refinery) yang telah memasuki tahap akhir. 

Pada kunjungan ini, Kapolda beserta jajarannya juga menyempatkan diri menanam pohon kenangan di area operasional Harita Nickel. Seluruh rangkaian acara kunjungan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah potensi penularan COVID-19.

Sumber: Antara Maluku

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Recent Comments

    Archives

    Categories