Cermati Cuaca, BPBD Kota Ternate Imbau Masyarakat Waspadai Bencana

redaksiindonesiatimur_redaksi | June 24, 2022 | 0 | Bencana Alam

TERNATE, OT – Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menghimbau masyarakat Ternate yang mendiami bantaran kali mati (barangka) dan daerah-daerah rawan bencana banjir maupun longsor untuk mewaspadai kondisi cuaca.

Imbauan ini dikeluarkan BPBD menyusul kondisi cuaca di wilayah Kota Ternate dalam dua hari terakhir yang kerap diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat pada sore hingga malam hari.

Plt Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Ternate, Ihsan Hamzah dalam keterangan tertulisnya menyampaikan, dalam dua hari terakhir, kondisi cuaca di wilayah Kota Ternate tidak menentu, “karena pada pagi hingga siang hari cuaca cukup cerah, namun jelang sore hingga malam, wilayah Ternate diguyur hujan dengan intwnsitSi sedang hingga lebat,” kata Ihsan, Kamis (23/6/2022) di Ternate.

Dia menghimbau masyarakat yang mendiami bantaran kali mati untuk mewaspadai kindisi cuaca, “kami menghimbau warga di bantaran kali mati atau barangka untuk selalu berikhtiar, pantau terus kondisi barangka, jika debit air meningkat segera laporkan ke aparatur Kelurahan atau Kecamatan,” imbau Ihsan.

Dia mengaku telah menyiagakan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD untuk mengantisipasi potensi-potensi bencana di Kota Ternate, “TRC standby kita terus memantau kondisi wilayah-wilayah yang rawan terjadi bencana baik banjir, tanah longsor maupun potensi bencana lainnya,” ungkap Ihsan.

Dia meminta aparatur Kecamatan dan Kelurahan untuk pro aktif mencermati wilayah masing-masing, terutama di daerah-daerah rawan bencana, “jika ada potensi-potensi itu (bencana-red) segera laporkan agar kita segera mengambil langkah,” katanya.

Ihsan juga meminta masyarakat untuk intens mengawasi anak-anak agar tidak bermain di luar rumah saat hujan, “kita minta masyarakat juga intens mengawasi anak-anak saat hujan, jangan sampai bermain di luar rumah, kita ikhtiarkan bersama,” ujar Ihsan seraya meminta seluruh masyarakat untuk ikut mengawasi kondisi di lingkungan masing-masing.

Sumber: IndoTimur

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Recent Comments

    Archives

    Categories