Unkhair tandatangan nota kesepahaman dengan Harita Nickel, persiapkan SDM profesional

redaksiindonesiatimur_redaksi | March 18, 2022 | 0 | Pendidikan

Ternate (ANTARA) – Universitas Khairun (Unkhair), di Ternate, Rabu,  menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan perusahaan pertambangan dan hilirisasi yang beroperasi di Pulau Obi, Harita Nickel dalam rangka peningkatan pendidikan di daerah ini.

Penandatanganan MoU dilakukan Rektor Unkhair Dr.M.Ridha Ajam,M.Hum. dan  Direktur Utama Trimegah Bangun Persada Donald J Hermanus yang mewakili manajemen Harita Nickel.

Rektor Unkhair, DR Ridha  mengatakan, kerja sama ini menguntungkan kedua belah pihak, karena dengan program pendidikan sekarang yang lebih mengutamakan merdeka belajar, sehingga kerja lapangan menjadi sangat penting sehingga tidak hanya teoritis.

“Ini merupakan MoU yang paling banyak disaksikan, baik oleh civitas akademika, maupun mahasiswa. Kita berharap ke depan, semakin banyak kerja sama seperti ini dengan berbagai pihak. Kita harus menunjukkan kepada siapa pun bahwa Unkhair memiliki kualitas yang berbasis ilmiah dan akademis,” ujarnya.

Ridha juga menegaskan, kerja sama ini menunjukkan dan membuktikan bahwa Harita Nickel semakin terbuka. Mahasiswa  dapat melihat langsung bagaimana sebuah industri dari berbagai aspek, teknologi, lingkungan, sosial dan budaya. 

“Semua ini untuk kepentingan daerah Malut dan investasi,” katanya.

Di dalam nota kesepahaman tersebut, disebutkan bahwa kerja sama bersifat kemitraan, kelembagaan, berkala dan berkelanjutan, berbasis indikator kinerja yang efektif dan efisien, serta dapat dipertanggungjawabkan. Ada pun bentuk kerja sama adalah  akademik dan non akademik.

Kerja sama yang dilakukan meliputi penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, pelatihan, workshop, seminar, magang, pendampingan dan penyediaan nara sumber.

Usai pelaksanaan penandatangan, kegiatan langsung dilanjutkan dengan kuliah umum oleh Komisaris Utama Halmahera Persada Lygend, Stevi Thomas dengan  memaparkan tema, “Suksesmu Tergantung Usahamu”.

Sedangkan, Direktur Utama Trimegah Bangun Persada Donald J Hermanus mengemukakan, kerja sama dengan Unkhair bukanlah sesuatu yang baru bagi Harita Nickel. Unkhair telah lama menjalin hubungan baik dengan berbagai bentuk kegiatan bersama, baik kerja praktek bagi mahasiswa, penelitian, pengelolaan lingkungan serta kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

“Hubungan ini semakin diperkuat dengan penandatangan MoU karena ada dasar hukumnya. Program dan kegiatan pun semakin kita perjelas. Manfaatnya, tentu bagi Malut, Unkhair, perusahaan dan masyarakat. Semoga dengan kerja sama ini, Unkhair dan perusahaan dapat mengambil manfaat yang optimal untuk kemajuan bersama,” katanya. 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor : Lexy Sariwating

Sumber: ANTARA

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Recent Comments

    Archives

    Categories