Wali Kota Ternate Ancam Copot Bawahannya yang Jadi Mafia Terminal dan Pasar

redaksiindonesiatimur_redaksi | December 20, 2022 | 1 | Pemerintahan

Ternate, Hpost – Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman menegaskan bakal mencopot para pejabat yang tak lain adalah bawahannya, jika berlagak seperti mafia di kawasan pasar dan terminal.

Hal itu disampaikan Tauhid ketika meresmikan Ruang Tunggu Terminal di Kelurahan Gamalama dan Bastiong, pada Selasa 20 Desember 2022.

Tauhid menegaskan bahwa terminal yang dibangun memiliki fungsi yang sudah diatur, karena itu perlu dijaga.

“Hanya fungsi untuk semata-mata mobilitas orang, tidak ada fungsi lain. Fungsi lain itu sesuai dengan pedoman Menteri Perhubungan soal fungsional silahkan itu boleh, tetapi lain dari pada itu tidak bisa, termasuk juga Terminal Bastiong,” kata Tauhid.

Menurut dia, selama ini dapat dilihat seakan-akan terminal, pasar itu tidak bisa ada orang yang mengatur, padahal fungsi pemerintahan adalah mengatur, regulasi itu bagian dari pengaturan.

“Jadi mulai ini dan seterusnya kalau nanti ada oknum apakah dia pejabat struktural, pelaksana atau pejabat fungsional yang disetarakan, ada laporan dari masyarakat bahwa ada oknum-oknum tertentu yang menjualbelikan tempat di terminal, dipastikan saya akan ganti semua itu,” tegasnya.

“Saya tidak main-main lagi hal-hal seperti itu, cukup proses birokrasi yang berjalan seperti itu, jangan lagi sekarang. Banyak orang yang menginginkan mendapat jabatan di sini. Jadi, kalau ada yang mencoba, saya ganti dengan yang lain. Kita tidak ingin hal-hal seperti ini terus berlangsung,” sambungnya.

Menurut dia, pemkot juga dievaluasi oleh Ombudsman terkait pemanfaatan terminal, dan dilihat masih belum sesuai. Karena, masih ada fasilitas yang tidak sesuai dengan peruntukannya.

“Untuk itu, saya berikan waktu kepada pengelola agar sampai tanggal 29 Desember 2022, sudah tidak ada lagi. Ini juga sesuai dengan kesepakatan dengan Ombudsman. Makanya itu, saya akan melakukan pengecekan di tanggal 29, kalau masih seperti ini saya akan evaluasi dan gantikan dengan yang lain,” tandasnya.

Ia menambahkan, di tahun 2023 nanti pihaknya juga fokus pembangunan pada sejumlah sisi. Untuk itu, kata dia, diharapkan dukungan dari semua pihak.

Sumber: HalmaheraPost

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments

    Archives

    Categories