Harita Nickel Susun dan Bagikan Buku Bertema Burung

redaksiindonesiatimur_redaksi | September 30, 2019 | 0 | Berita , Daerah , Flora Fauna , Nasional , Pendidikan

Harita Nickel Division bekerjasama dengan pusat kajian dan pengembangan sumber DAYA ECOLINE menyusun buku berjudul “Burung-Burung di Kawasan Barat Pulau Obi”. Buku ini pun akan dibagikan kepada para pelajar, sebagai upaya meningkatkan literasi terkait keanekaragaman hayati di Pulau Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Penyusunan dan pembagian buku ini juga menjadi bukti keseriusan Harita Nickel Division dalam ikut serta menjaga kelangsungan hidup burung-burung di Pulau Obi.

Buku ini ditulis oleh Muhammad Salamuddin Yusuf, Saleh Amin dan Hanom Bashari ketiganya merupakan ahli dalam bidang ornitologi atau ilmu pengetahuan tentang burung. Buku ini akan menjelaskan mengenai burung-burung yang berada di kawasan barat Pulau Obi, seperti burung Pergam Obi, Kapasan Halmahera, Kasturi Ternate dan berbagai jenis burung lainnya yang hingga kini tetap lestari. Di dalam buku yang dibagikan tersebut juga memiliki foto-foto kualitas tinggi, hal ini pun akan mempermudah pembaca dalam mengidentifikasi burung yang berada dalam buku ini.

Berdasarkan keterangan Health Safety Environmental (HSE) Operation Department Head Hariat Group, Tonny H Gultom, buku ini menjadi salah satu bentuk komitmen perusahaan dalam upaya penyebarluasan informasi mengenai keanekaragaman hayati di Pulau Obi.

“Foto-foto dalam buku ini sebagian diambil dari hasil survei di kawasan pertambangan pada periode 2015-2018, dimana sebanyak 57 jenis burung telah tercatat. Kami berharap buku ini juga bermanfaat bagi pemerintah dan masyarakat’ ungkap Tonny

Tonny juga menerangkan, melalui data-data yang sudah terkumpul ini dapat menjadi tolak ukur perusahaan dalam melakukan kegiatan pertambangan yang bertanggung jawab.

“Harita Group memandang penting untuk memiliki data komprehensif mengenai keanekagaraman hayati sebagai dasar dan bagian dari program pengelolaan lingkungan pertambangan yang baik terencana dan bertanggung jawab”. Ujarnya

Pembagian buku ini dilakukan melalui dinas pendidikan dan kebudayaan Provinsi Maluku Utara, Dinas Pendidikan dan kebudayaan kabupaten Halmahera selatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Ternate, serta Perpustakaan Daerah Kota Ternate. Buku ini diharapkan dapat menambah wawasan para pelajar SD, SLTP dan SLTA di daerah – daerah tersebut. Adapun jumlah buku yang selanjutnya disebarluaskan ke sekolah-sekolah itu sebanyak 300 eksemplar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara, Jafar Hamisi, mengungkapkan apresiasinya kepada Harita Nickel Division atas penyusunan dan pembagian buku ini.

“Saya berterima kasih karena dari pihak perusahaan peduli terhadap literasi para pelajar,termasuk mengenai burung-burung ini”. Ungkap Jafar

Menurutnya, peningkatan literasi pelajar adalah tugas yang harus diselesaikan secara bersama-sama. Selain Jafar, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Halmahera Selatan, Umar Iskandar Alam, juga menanggapi positif penyusunan dan penyebaran buku ini.

“Buku ini akan dibagikan ke sekolah-sekolah dengan kepada kepala sekolah bahwa buku ini harus digunakan sebagai media pembelajaran katanya. Ia juga berharap pada waktu mendatang terdapat buku lain, selain burung di Pulau Obi, yang bisa menambah pengetahuan para pelajar. “Semoga buku ini bisa dijangkau seluruh sekolah di Halmahera Selatan,” tandasnya

Deputy Head Corporate Social Responbility (CSR) and External Relation Harita Nickel Division, Alexander Lieman juga berharap buku ini dapat menjadi bahan pembelajaran bagi generasi penerus. Melalui buku ini, ia pun menegaskan bahwa Harita Nickel Divison adalah perusahaan yang menjunjung tinggi pelestarian keanekaragaman hayati.

“kami rangkum buku ini sebagai kepedulian dalam pelestarian fauna-fauna di tempat kami beroperasi,” singkat Alexander

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments

    Archives

    Categories