Kembangankan Pendidikan, Harita Nickel Terima 14 Siswa Magang SMK OBI

redaksiindonesiatimur_redaksi | October 25, 2019 | 0 | Daerah , Nasional , Pertambangan

Harita Nickel Division terus berupaya mengembangkan kualitas pendidikan para pelajar di Desa-Desa di lingkar tambang. Pihak perusahaan bekerja sama dengan SMK Global Pratama Obi dalam memberikan program magan bagi 14 siswa-siswa di Site Kawasi, Kecamatan Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara yang akan berlangsung selama 30 hari.

Program magang ini diawali dengan proses pengenalan lingkungan tambang atau yang biasa disebut induksi agar peserta magang dapat memahami betul tentang kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Lalu setelah itu para siswa kelas IX tersebut dibagi dalam beberapa kelompok sesuai dengan bidangnya yang mereka minati terkait pendidikan kejuruan pertambangan. Empat siswa tergabung dalam program magang di PT. Trimegah Bangun Persada (TBP), sementara itu 10 siswa lainya tersebut di dua perusahaan kontraktor Harita Group yaitu PT Parama dan PT HPMU.

Sulistiyo Yuwono sebagai Head of Grade Control (GC) PT TBP, mengatakan saat hadir dalam acara itu , Harita Nickel terbuka untuk pelajar yang ini menambah pengalaman di bidang pertambangan.

Untuk tingkat SMK ini sudah keuda kalinya. Sebelumnya ada pula dari SMK jurusan pertambangan di Bacan bahwa praktik lapangan ini menjadi kesempatan bagus bagi para siswa untuk melengkapi teori-teori yang sudah dipelajari di kelas.

Lanjutnya, Beberapa hal yang dipelajari oleh siswa magang di departemen GC antara lain pengenalan nikel, cara menambang yang baik dan benar, hingga mengetahui jenis-jenis batuan yang ada di sekitar lokasi tambang.

“Mereka ditempatkan di sini karena sesuai dengan hal-hal yang mereka pelajari di sekolah diharapkan para peserta magang nantinya dapat bersaing dengan sumber daya manusia lainnya di berbagai daerah”. Ucapnya

Terpisah Ando Pawole, sebagai peserta magang mengatakan, mengaku senang dengan adanya kesempatan belajar di kawasan pertambangan Harita Nickel Division.

“Allhamdulilah lancer. Kami belajar pengambilan sampel dan mencari tahu kadar nikel. Saya Pribadi senang magang disini karena bisa melengkapi ilmu-ilmu yang sudah dipelajari dalam kelas. Di sini kami bisa praktek secara langsung saya semakin semangat untuk mempelajari ilmu pertambangan dan suatu saat nanti ingin berkarir di bidang ini.” Ujarnya

Disisi berbeda juga menurut Deputy Head Corporate Social Responsibility (CSR) and External Relation Harita Nickel Division, Alexander Lieman, mangapresiasi adanya kerja sama dalam bidang pendidikan ini.

“Kami dari perusahaan sangat senang bisa menjadi host untuk kegiatan magang ini dan berharap dengan keterbukaan ini juga membuka jalan bagi generasi muda di dunia pertambangan agar terus maju.” Ungkapnya

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments

    Archives

    Categories